Jenis Battery Handphone

Handphone atau ponsel atau telepon selular seiring perkembangannya yg sangat cepat, dengan kemampuannya yang semakin canggih, bisa muter musik, nyetel video, foto², dll. Ternyata baterai nya juga mengalami perkembangan dari bobotnya yg berat dan nge charge nya yg ribet sampe ke bahan yg ramah lingkungan, ringan dan cara perawatannya yg mudah. Di bawah ini sedikit kutipan jenis baterai ponsel dan cara perawatannya.

1. NiCD / NiCad.

Baterai jenis NiCD merupakan tipe yang paling lama, baterai ini digunakan pada ponsel seri lama yang masih menggunakan daya yg besar. Sekarang ini penggunaan baterai ini untuk ponsel bisa dibilang tidak ada, karena selain bobotnya yg berat, cara nge charge nya juga harus menunggu sampai baterai benar² habis dan kosong, karena baterai jenis ini mempunyai permanen memory effect dan bila nge charge nya pada kondisi baterai tidak benar² kosong, akan membuat kemampuan baterai menurun hingga mati dan tidak bisa digunakan lagi.

2. NiMH / Metal.

Baterai jenis NiMH merupakan wujud perkembangan teknologi baterai ponsel, beratnya lebih ringan dari jenis NiCD. Cara nge charge nya lebih fleksibel jadi sebaiknya tunggu sampai benar² kosong, tapi bisa saja jika memang perlu atau dalam kondisi terdesak bisa langsung charge tanpa menunggu baterai benar² kosong. Setelah penuh bisa ditambahkan sekitar 30-60 menit untuk memberikan kesempatan bagi baterai NiMH untuk melakukan “trickle charge”. Baterai NiMH lebih ramah lingkungan, tapi tetap saja tidak bisa dibuang begitu saja, di tempat sampah karena ada cara khusus untuk me-recycle baterai jenis ini.

3. Li-Ion / Lithium Ion

Baterai Li-Ion sangat banyak digunakan sekarang ini, kemajuan dari tipe sebelumnya adalah ukuran yg lebih ringan dan kecil. Dan untuk nge charge tidak perlu nunggu sampai benar² habis, usahakan jangan sampai overcharge, jadi begitu baterai sudah full / penuh langsung cabut kabel charger, karena overcharge pada baterai Li-Ion akan membuat kemampuan baterai menurun atau istilahnya nge drop. Dan baterai ini memiliki umur charging, jadi setiap kali anda colokkan kabel charger akan mengurangi masa hidupnya. Baterai Li-Ion ramah lingkungan, tapi tetap saja tidak bisa dibuang begitu saja, di tempat sampah karena ada cara khusus untuk me-recycle baterai jenis ini.

4. Li-Poly / Lithium Polymer

Baterai Li-Poly adalah tipe paling baru saat ini, kemampuannya sama dengan baterai jenis Li-Ion. Cara charge nya pun sama dengan Baterai jenis Li-Ion. Baterai Li-Poly paling ramah lingkungan saat ini, tapi tetap saja tidak bisa dibuang begitu saja, di tempat sampah karena ada cara khusus untuk me-recycle baterai jenis ini.

PRODUK BARU

Harga HandsFree Headset Mega Bass